Infrared Electrical Inspection Services

Detect system overloads, loose defective components and damaged switchgear. Infrared electrical testing finds hot, dangerous problems quickly.

Infrared thermogram of defective disconnect switch contacts

Infrared electrical inspections dapat mengidentifikasi  titik panas yang disebabkan oleh cacat pada sambungan dan komponen. Infrared thermography digunakan untuk menemukan kelebihan panas pada area (yang disebabkan oleh peningkatan resistensi) sehingga masalah dapat diperbaiki sebelum komponen gagal dan menyebabkan kerusakan komponen, menciptakan keadaan yang tidak aman dan hilangnya produktivitas. Karena peningkatan panas adalah tanda kegagalan, infrared thermography adalah metode diagnostik terbaik yang tersedia untuk menemukan panas pada tahap awal degenerasi. Inilah sebabnya mengapa mungkin perusahaan asuransi meminta pemeriksaan infrared thermography listrik, untuk menemukan dan mencegah masalah sebelum menyebabkan kerusakan pada peralatan,  fasilitas dan personil

Kondisi yang dapat di-deteksi
infrared inspection
Keuntungan yang diperoleh
Infrared Inspection
  • Koneksi yang buruk 
  • Kelebihan beban/Overloads
  • Open circuits
  • Beban tidak seimbang/Unbalanced loads
  • Induksi pemanasan/Inductive heating
  • Harmonics
  • Cacat komponen/Defective equipment
  • Reduce unscheduled down time
  • Meningkatkan umur pemakaian alat
  • Pelayanan/kegiatan produksi tidak terganggu saat pemeriksaan 
  • Resiko yang lebih rendah
  • Mengurangi biaya perbaikan
  • Meningkatkan keuntungan
  • Mencegah kegagalan peralatan
  • Premi asuransi berkurang karena berkurangnya kerugian.

PT. Intan Pratama Teknik  melakukan Electrical infrared inspections sesuai dengan Infraspection Standard for Infrared Inspection of Electrical Systems & Rotating Equipment.

Infrared image of hot connection on 800amp electrical switch
Electrical infrared inspection detects hot connection on circuit breaker

Gambar 1: thermogram dari 800-amp switch dengan problem overheating pada koneksi pada hantaran kanan bawah. Gambar 2: panas pada koneksi paling atas disebabkan oleh koneksi yang buruk.

The National Fire Protection Association (NFPA) 70B 11.17.5 suggests that every commercial and industrial building should have an IR survey at least once a year.

Call info@ipt.co.id  to schedule an infrared electrical survey.

Bagaimana Infrared Thermography dapat menemukan permasalahan?

Picture of Gerog Simon OhmGeorg Simon Ohm (16 Maret 1789 - 6 Juli 1854) Georg Simon Ohm (16 Maret 1789 – 6 Juli 1854) adalah seorang fisikawan Jerman yang banyak mengemukakan teori di bidang elektrisitas. Karyanya yang paling dikenal adalah teori mengenai hubungan antara aliran listrik, tegangan, dan tahanan konduktor di dalam sirkuit, yang umum disebut Hukum Ohm.

Ohm menemukan bahwa saat arus diberikan, resistansi dari komponen akan meningkat melepaskan energi dan temperatur akan meningkat. 

Peningkatan resistensi dan panas adalah penyebab yang paling utama kegagalan pada komponen listrik yang dapat dideteksi oleh infrared camera. Kebanyakan peralatan/instalasi listrik cenderung mengalami panas sebelum terjadinya kegagalan. Inspeksi Infrared thermography adalah teknologi diagnostik yang lebih cocok digunakan untuk mendeteksi kegagalan di awal sistem listrik dan switchgear.

Komponen baru dapat mengalami kerusakan

Loose screw on breaker causes hot connection

In electrical systems increased resistance can be caused by component age, fatigue, oxidation, wear, loose connections or poor installation.

gambar disamping menunjukkan terjadinya peningkatan resistansi pada koneksi (pada sekrup yang longgar) yang menyebabnya peningkatan panas pada koneksi. gambar dengan resolusi thermal yang tinggi dapat memberikan gambaran bahwa daerah terpanas terjadi pada koneksi skrup. 

Electrical Infrared Surveys Improve Safety, Reliability & Reduce Down Time

Pemeriksaan dengan metode infrared thermography sesuai dengan NFPA dapat mendokumentasikan kegagalan yang terjadi serta dapat enentukan jadwal perbaikan yang efektif serta tepat waktu. 


Mencari informasi tentang inspeksi Electrical Infrared thermography?

Electrical panel shows several suspect connections

Hubungi +6281236705199 untuk membicarakan keinginan anda

Panel berikut menunjukkan beberapa sambungan yang mengalami panas. Masalah masalah dapat disebabkan oleh kabel/sambungan yang longgar, korosi pada sambungan, atau kelebihan arus pada penghantar. Inspeksi thermography dapat meminimalkan terjadinya kerusakan yang lebih lanjut dan menjadwalkan waktu perbaikan. 

Sebelum komponen listrik memanas dan terbakar, infrared thermography digunakan untuk melakukan inspeksi pada peralatan listrik karena kelebihan panas yang biasanya merupakan tanda pertama dari masalah pada peralatan listrik (atau mekanis), koneksi longgar, beban tidak seimbang,  cacat pada breaker, kerusakan pada switchgear, sekering yang rusak atau klip pada sekering, kelebihan beban pada sirkuit/penghantar,  kesalahan pengerjaan, material yang cacat dan berbagai kondisi lain pada akhirnya akan menyebabkan kelebihan panas dan kegagalan komponen.

INfrared inspection finde defective Knuckles on switch
Thermal imaging locates hot fuse  connection

Gambar 1 : overheating pada disconnect switch. Gambar 2: Cacat pada klip sekering yang akan menyebabkan kegagalan sirkuit.

Infrared Thermography can find problems early in the failure cycle. Early detection allows maintenance personnel to take corrective action before a component fails, minimizing damage to the component and reducing repair costs. Call us to discuss ROI on a cost effective electrical inspection at your facility.

Infrared image of an overheating splice connection

infrared thermography scanning/ pemeriksaan dengan metode inframerah dari komponen listrik dan sistem harus menjadi bagian dari program pemeliharaan prediktif dan dilakukan secara rutin sesuai  dengan National fire Protection Association (NFPA). 

Penggunaan pemeriksaan dengan inframerah untuk mendeteksi indikasi awal dari kegagalan adalah metode efektif dan biaya yang terjangkau. Dengan infared thermography, antisipasi dapat diambil untuk meminimalkan kerusakan peralatan dan bahaya yang akan terjadi. .

Gambar menunjukkan panas terjadi pada koneksi penghantar.


Electrical Commissioning

Infrared detects loose connection on B phase measures over 200F

sistem distribusi tenaga listrik merupakan kebutuhan utama dari sitem gedung saat ini. kegagalan dari sistem distribusi tenaga listrik akan menyebabkan komunikasi terganggu, sistem pemadaman kebakaran, sistem keamanan, dan sistem mekanik lainnya akan terganggu. 

Dari literatur yang ada, 50% kegagalan disebakan dari sistem pemilharaan dan pengujian yang tidak tepat. Saat ini kebanyakan perusahaan asuransi menerapkan pemeriksaan infrared thermography untuk menentukan kebijakan. 

Gambar di ini menunjukkan koneksi sangat panas, akhirnya akan mengalami kegagalan.

Pemeriksaan Infrared Pada Instalasi Distribusi Listrik

  • Manfaat / keuntungan menggunakan pemeriksaan infrared thermography : 

  • Kondisi setiap peralatan dapat dimonitor & didokumentasikan dengan baik

  • Pemeriksaan berlangsung secara on-stream ( instalasi dalam keadaan beroperasi ) sehingga tidak mengganggu operasional. 

  • Permasalahan langsung dapat dideteksi saat pemeriksaan sehingga menghemat waktu & biaya untuk trouble-shooting / maintenance

  • Dapat mencegah bahaya kebakaran akibat panas yang berlebihan pada sambungan yang kendor/ kotor ataupun breaker yang tidak berfungsi dengan baik.

  • Dengan perbaikan secara dini dapat dicegah pemborosan untuk pembelian peralatan baru ataupun kerugian lain yang lebih besar biayanya (berhentinya produksi ataupun kebakaran).

Infrared image of Overheating plug
Infrared image of Very hot loose screw on a breaker
Infrared image of a hot and loose wire on breaker
Infrared image of Hot wires and buss bar due to loose connectios

Gambar disamping memperlihatkan koneksi yang panas pada sambungan dengan busbar. 


Stategi perawatan (preventatif maintenance) yang paling efektif adalah melakukan pemeriksaan keseluruhan instalasi listrik, moving dan rotating equipment !

Infrared image of UPS Battery

Dalam gambar ini dari baterai Bank pada sistem UPS selama tes beban, kerusakan/ketidaknormalan dapat diketahui dengan cepat.

Untuk baterai bank, infrared thermography adalah cara yang bagus untuk melakukan pemeriksaan kualitas seluruh "Sistem" bukan hanya satu sel.

infrared thermography dapat melihat kelainan termal di setiap baterai, konektor, dan blok terminal. Setiap kabel interkoneksi, panel distribusi, dan sekering dapat diperiksa!

Untuk pemeliharaan pencegahan pada sistem listrik, sulit untuk mengalahkan metode NON-CONTACT dari infrared thermography!

gambar pertama di bawah ini: Menunjukkan bagaimana inframerah dapat dengan cepat melihat sambungan yang longgar atau memburuk pada tap transformator. Jika dibiarkan tidak diperbaiki, bagian ini akan gagal, trafo akan gagal, dan tegangan yang dipasok akan turun.

gambar kedua di bawah: Menunjukkan cairan oli trafo dapat terlihat terjadinya tidak normal dengan metode infrared.

Dalam waktu yang sangat sedikit, certified thermographer dapat menemukan masalah dengan cepat serta , memungkinkan membuat jadwal perbaikan sebelum kegagalan terjadi.

The cost of an IR scan is small in comparison to its benefits. Return on investment is very easy to justify! Contact to set up an infrared scan appointment at your facility.

Contact / Hubungi kami

Loose Transformer
Hot Transformer




Lingkup Jasa Pemeriksaan Electrical Thermography : Transformer , bushing, Switchgear*, LVMDP, Main Distribution Panel, Sud Distribution Panel, dll. 

Infrared Mechanical Inspection

Infrared image of hot bearing


Pemeriksaan Infrared pada peralatan yang berputar/bergerak dapat menemukan panas dengan cepat yang disebabkan oleh gesekan dan keausan. panas yang dihasilkan karena gesekan biasanya mennandakan bahwa hal terbut normal dalam sistem, akan tetapi jika gesekan melebihi dari temperatur operasinya, maka itu menandakan akan terjadinya kegagalan dalam komponen. pemeriksaan thermography dapat mengidentifikasi masalah pada tahap awal sehingga dapat diambil tindakan yang tepat untuk perawatan/perbaikan. 

Mechanical Infrared Inspections Reduce Failure Rate

Infrared image of rotating kiln with defective refractory brick lining
Thermographic image of condensation in pipe insulation

Gambar I :  insulation kiln pada pabrik semen mengalami kerusakan pada insulation.

Gambar II : : kondensasi pada insulation

Lingkup Pemeriksaan Mechanical Infrared Thermography

  • Kelurusan Shaft dan Coupling
  • Kekurangan lubrikasi pada bearing
  • belt yang kencang dan kurang kencang
  • gesekan
  • kerusakan peralatan. 

















































































Tag: 
Jasa Pemeriksaan Infrared Thermography Instalasi Listrik, Busbar, Panel, bearing, pompa, Jasa infrared, thermal infrared, Jakarta, Bandung, Semarang, Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Indonesia.